Giat Bersih Sampah

Kilas balik lahirnya Resikin adalah semangat giat bersih sampah yang dibuang sembarangan oleh oknum-oknum masyarakat yang tidak bertanggungjawab atas sampah rumah tangganya sendiri. Yang akhirnya, sampah-sampah tersebut mereka buang di sembarang tempat seperti sungai, pinggir jalan, lahan kosong dan lain sebagainya.

Sampah di pinggir Jalan Payak – Krasaan
Sampah di pinggir Sungai Payak Cilik RT 04

Seperti yang kami lakukan beberapa waktu lalu pada pertengahan tahun 2021, kami mendapat laporan warga masyarakat yang masih peduli terhadap lingkungan perihal adanya gunungan sampah di pinggir Jalan Payak – Krasaan Srimulyo Piyungan Bantul Yogyakarta yang sampahnya sampai menutupu setengah badan jalan.

Sampah berserakan di jalanan.

Kami merespon cepat perihal laporan tersebut dengan mengumpulkan para relawan giat bersih sampah. Awal mula kendala kami adalah armada, namun akhirnya ada tim relawan yang menawarkan armada truknya untuk giat bersih sampah. Giat bersih itu kami lakukan selama 2 hari di akhir pekan hari Sabtu dan Minggu dengan menggunakan 2 armada.

Giat bersih hari pertama dengan armada Tim Sapta.
Giat bersih hari kedua dengan armada Tim Muslih.

Giat bersih kami mulai siang hari pukul 13.00 WIB karena relawan luang pada jam tersebut dan berakhir 3 jam setelahnya. Sampah yang kelihatannya sedikit, ternyata cukup banyak dan berat karena meresap air hujan selama berbulan-bulan, Total berat sampah hampir mencapai 2 ton. Akhirnya setelah dua hari berjibaku, sampah-sampah yang menggunung dan berserakan kini sudah tidak ada lagi.

Setelah dilakukan giat bersih sampah

Mari bersama menjaga bumi tetap lestari.